"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan...."

Jumat, 17 Februari 2012

Dialog seorang guru dan muridnya

murid : guru kenapa bangsa barat saat ini sangat maju?
Guru : Karena mereka belajar dari timur dan mereka sudah muak dengan kebodohan dan kekuasaan gereja.

Murid : lho apa hubungannya dengan gereja?
Guru : sebab gereja mengekang kebebasan berpendapat karena kekuasaan mereka meliputi masalah sosial dan pribadi masyarakat.

murid : apakah itu membuat masyarakatnya tidak percaya lagi dengan agama dan doktrinnya?
Guru : ya bisa jadi sebaba saat ini mereka sudah memisahkan antara agama dan kehidupan sehari hari

Murid : apakah hal yang demikian baik atau buruk?
Guru : sebenarnya agama adalah dasar dari kehidupan sehari-hari, hanya saja kadang akibat keserakahan pemuka agama yang mementingkan kepentingan pribadi maka agama seakan akan mengekang kehidupan pemeluknya.

Murid : lalu mengapa timur yang identik dengan islam seakan akan tidak berdaya menghadapi kemajuan barat,
Guru : sebenarnya mudah saja, anggaplah islam itu seperti yang dialami bangsa barat dulu. jadi mereka seharusnya mau belajar, padahal dalam islam menuntut ilmu tidak pernah dilarang bahkan diwajibkan, islam bahkan menjadi pusat pembelajaran pada saat barat sedang dalam kegelapan. para ilmuwan banyak dilahirkan di daratan asia barat dan timur. seharusnya umat islam sekarang memiliki ghirah atau semangat yang lebih untuk kembali merebut supremasi dunia keilmuan karena dulu kemajuan adalah milik umat islam dan timur hanya saja mereka saat ini sudah terlena dengan kehidupan yang ditawarkan oleh bangsa barat yang sebenarnya itu adalah alat untuk teetap mempertahankan barat atas bangsa timur.

Murid : apa saja yang mereka tawarkan pada bangsa timur..
Guru : target mereka adalah generasi muda yang lemah akan pengetahuan sejarah dan masa lalu, dan tentu saja pengetahuan mereka tentang budaya timur dan tenhtu saja agama yang mereka peluk. barat lalu membidik generasi ini dengan 3M : Musik, Movie dan Mode. sehingga mereka lupa dengan hal hal besar yang mereka akan hadapi dimasa yang akan datang...

Murid : tapi 3 hal itu tidak dilarang kan dalam islam?
Guru : tentu saja islam tidak pernah melarang umatnya untuk menikmati 3 hal tersebut karena sifat kreatifitas Allah jualah yang melahirkannya, yang dilarang adalah kita tidak boleh disibukkan oleh hal hal tersebut, musik cukup dinikmati dengan didengarkan tidak usahlah membahas sedetil detilnya tentang berbagai hal tentang musik, Movie tentu saja juga untuk dinikmati diambil hikmahnya, sedangkan mode adalah bagian dari anjuran menutup aurat, tidak ada yang salah dari ketiganya, bahkan 3 hal tersebut bisa menjadi ladang dakwah, yang tidak boleh adalah terallu berlebihan, bukankah berlebihan itu lah yang dilarang oleh tuhan??

Murid : harusnya apa yang dilakukan generasi muda?
Guru : mereka harus sadar bahwa kehidupan masyarakat dan bangsanya ada ditangan mereka begitu pula dengan masa depan pribadi mereka sendiri, sehingga ketika mereka melakukan sesuatu dapat memahami bahwa yang mereka lakukan itu bermanfaaet atau tidak untuk oeang lain, dan ketika mereka belajar mereka benar benar paham apa yang mereka pelajari dan untuk apa mereka belajar hal itu.

Tidak ada komentar: