"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan...."

Rabu, 15 Agustus 2012

Satu episode kehidupan saya

Suatu saat aku menerima sms dari seorang kawan tepatnya seorang wanita yang usianya sekitar 5 tahun dibawahku, dulu mantan teman kerja bareng selagi kerja disebuah institusi pendidikan di jakarta timur. Isinya kira kira begini :
"lo ada masalah da sama gw?", ini sms pertama panggilan akrabku memang Uda karena merujuk asal nenek moyangku yang berasal dari Sumatra barat.
"Ga, mang kenapa?" jawabku.
"ya udah syukur kl ga ada masalah.."
"Tumben nanya begitu tp Pengen sharing deh...lunch bareng yuk" dalam hati mungkin ini kesempatanku untuk ngobrol banyak sama dia.
"Maksud lo?" jawabnya.
"Secara pribadi gw ga ada masalah sm lo, makanya gw ajak lunch bareng biar enak ngomongnya" mungkin dengan cara ini aku bisa leluasa ngasih masukan buat dia. Sebab denger-denger dia punya banyak masalah sama rekan rekan kerja mungkin karena dia kurang sensitif jadi ga bisa baca sikap orang lain sama dirinya, aku fikir mudah mudahan dia bisa diajak ngobrol empat mata..tapi kaget banget baca balasan sms dari dia.
"Ga makasih...so gw juga ga merasa punya masalah ama lo..dari dulu apapun yang bisa gw kerjain pasti gw kerjain sendiri tapi kalo gw udah repot pasti gw minta bantuan orang lain..jadi ga ada masalah kan buat lo?" lha kok jadi bgini smsnya.tapi dengan baik aku jawab juga smsnya
"Ya ga lah...bagus kalo bgt.."jawabku males.
"Satu hal...kalo ada masalah sm gw langsung ngomong aja...ga usah chatting sm org lain..", lha tadi gw pengen ngomong langsung ga mau ni orang kemana ya pikirannya? #garuk garuk kepala.
"Ooo..jujur gw pengen bgt ngmg sm lo tp sikap lo bgt jd gw urungin.." tambah males aja jadinya.
"Jujur gw ga pernah masalah sm sikap lo..gw cuma berusaha menjadi diri sendiri" iyalah jadi orang egois..ga mau denger nasihat orang lain..ngerasa diri paling bener begitu kali ya maunya..
"Gw setuju ..tapi alangkah baiknya kita sesekali mendengar pendapat orang lain, supaya kita ga lupa.." aku berusaha ga ke pancing emosi
"gw rasa wajar aja gw lg kerja capek dpt complaint marah2 sedikit wajar besoknya juga baik lagi..orang hotel rata2 semuanya begitu....", stop aku garis bawahi GA SEMUA ORANG HOTEL bgt, trus sms dia masuk lagi "gw tw, kl complainant itu udah biasa dr dulu gw kerja ...tapi ya sudahlah gw cukup tau aja...", nulis komplain aja salah!!, padahal aku duluan yang kenal dunia kerja dari pada dia kenapa dia yang ngasih tau hal itu ya...aneh!
"Gw tau lo cpek, kita pernah kerja bareng toh, coba deh lo bercermin knp org brsikap seperti itu ke kita, pasti ada sebabnya..gw paham posi2 lo, buka mata, hati deh mudah2an lo bisa lebih empati" ahhh sial kepancing juga emosiku akhirnya...
"instropeksi juga diri lo..gw ga pernah compalaint ama sikap lo, Ok.." perasaan aku ga dalam meng COMPLAINT diri dia deh tapi mengingatkan sebagai seorang teman.
"Maka dari itu gw ajak lo share br kita sama sama saling mengingatkan" jawabku.
"Kita udah punya kerjaan masing2 yang harus dikerjakan..so take care aja ya sama kerjaan masing masing..." nih anak sok banget sih..
"baiklah kalo begitu" aku ga mau nerusin pembicaraan ini.udah males..
"Ok setiap org punya karakter masing2...orang yg tau gw akan tau bagaimana gw menyikapinya.." hellloooo.....lo mau dingertiin tp ga mau ngertiin orang.
"Satu hal lagi dalam apapun yg gw kerjain gw ga pernah cari perhatian dan meminta pujian dari pihak manapun...mohon maaf kalo selama ini gw punya salah sama lo gw hanya mengerjakan apa yang bisa gw kerjakan...", lhhaaa...siapa yang bilang kalo dia cari perhatian dan pujian Ge Er banget sih tuh orang ....
Sejak saat itu aku males banget berurusan sama orang itu, ga tau kenapa padahal aku hanya ingin dia jadi orang baik, karena ga sedikit orang yang ngomongin dia tanpa dia sadari, selama ini aku ngelindungin dia dari omongan orang orang tapi kok malah dia bersikap bgt.

Pelajaran yang bisa aku petik :
1. Aku harus lebih baik dari hari ini
2. Jangan pernah menyamaratakan keadaan KITA dengan keadaan ORANG LAIN
3. Tidak semua orang hotel sama, seperti yang dia bilang "Karakter Masing2"
4. Tidak boleh sok sama yang lebih tua dan berpengalaman, sekalipun kita benar, itu kalau benar lho...





Tidak ada komentar: