"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan...."

Senin, 01 Oktober 2012

Batik is Indonesia

tanggal 2 Oktober adalah hari batik nasional, yup sejak klaim malaysia bahwa batik adalah warisan melayu sontak Orang indonesia terkejut, dan tertawa atas kebodohan Negri jiran atas klaim mereka itu, meski orang indonesia tidak sedikit juga yang ingin mengganyang Negri Mahatir itu, tentu saja aneh sekali budaya kita yang terkenal seantero jagad diklaim oleh orang lain, warga dunia pun tanpa ragu ragu memihak Indonesia karena mereka pun tahu bahwa batik yang menjadi warisan nenek moyang orang indonesia adalah salah satu seni fashion terbaik yang pernah ada bahkan tanpa ragu ragu lembaga kebuyaan dunia dibawah PBB UNESCO langsung menyatakan bahwa batik adalh milik orang indonesia.
Aneh memang tapi itulah kenyataannya sebab bangsa kita sendiri kurang mengenal batik sebagai warisan dari pendahulunya, jujur kalo ditanya dari mana asal batik? pasti hampir 9 dari 10 orang bilang dari tanah jawa. padahal sesungguhnya hampir seluruh daerah diindoneisa mengenal batik meski dalam bentuk yang berbeda beda dan dalam motif yang berbeda pula...
suatu saat saya pernah mengunjungi Bayt Al Quran yang berada di TMII saya sungguh terkagum kagum melihat disalah satu display menunjukkan lembaran lembaran Al quran 3o juz yang berasal dari arab dihiasi dengan figura yang berasal dari motif batik dari seluruh indonesia, bangga dan haru tiba tiba menyelimuti diri, alangkah hebatnya indonesia ini memiliki kekayaan seni dan intelektual tinggi. dilain waktu ketika tinggal di kalimantan seorang sahabat memberikan kain batik khas kalimantan timur untuk dijadikan baju keperluan mengajar disebuah pesantren, batik tersebut didominasi warna biru dan bunga khas masyarakat Kaltim, bangga karena ini batik pertama yang saya pakai diluar pulau jawa, dilain waktu lagi seorang famili yang berada di pulau Lombok memberikan beberapa meter bahan batik khas Lombok dan ketika baju itu sudah jadi semua orang menatap pada saya sebab motif batik yang tidak lazim dimasyarakat pulau jawa, unik dan berkelas sampai sampai atasan dikantor memuji, "pak batiknya bagus", "iya bu ini oleh oleh dari saudara di Lombok" yessss bangga sekali rasanya memakai batik khas Lombok tersebut, flashback ketika duduk dibangku kuliah aku dan kawanku menghadiahi sepotong baju batik pada seorang bule Prancis yang bersedia diwawancarai tentang budaya prancis sebagai tugas kuliah ku, dan dengan senangnya dia menerima kado tersebut,menurutnya inilah oleh oleh asli indonesia yang bisa ia pamerkan pada teman temannya diprancis nanti, belum lagi batik batik yang saya dapat dari pernikahan kerabat, seragam sekolah tempat mengajar, dan lain sebagainya. boleh dibilang koleksi baju batik saya lebih banyak dari koleksi baju lain, ditambah lagi istri yang berbisnis baju baju batik mulai dari yang murah sampai yang mahal, mulai dari yang untuk sendiri sampai batik seragam untuk keluarga. semua itu menambah kekaguman dan rasa bangga pada negri ini. Saking kami berdua menyukai batik ketika lamaran dan foto prewedding kami menggunakan batik.
ingin sekali mengenalkan batik batik asli indonesia pada dunia, obsesi? mungkin saja tidak ada yang salah dari batik dan itu membuat ku semakin bangga pada negri ini. bagaimana dengan teman teman???

Tidak ada komentar: