"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan...."

Selasa, 17 Agustus 2010

MERDEKAAA...

Ada sesuatu yang membuat gw bergairah menyambut hari raya kemerdekaan yang ke 65 tahun ini, yah hari ini adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tepat jatuh di bulan Ramadhan dan tentu saja ini mengingatkan kita semua ke 65 tahun silam ketika Sukarno dan kawan-kawan merumuskan teks proklamasi jam 3.40 sambil/selesai bersantap sahur…dalam hal ini gw bangga sebagai umat muslim Indonesia yang mana Indonesia ternyata memang benar-benar bebas dari penjajahan berkat Rahmat Allah. Ramadahn memang memberi Rahmat buat semua rakyat Indonesia ketika itu dan keramatnya masih terasa sampai sekarang.
Kemarin, sekolah tempat gw ngajar yaitu di SMK mahadhika 3 jakarta ngadain pesantren kilat buat seluruh siswa-siswi, selain mentoring, nonton film islami dan lomba-lomba kami berbuka puasa bersama, siswa-siswa yang udah di koordinir beberapa hari sebelumnya sudah menyiapkan hidangan berbuka, guru-guru pun ga mau kalah dengan siswa, kami juga sudah menyiapkan satu paket tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, buka puasa semalam sekaligus dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI, selesai berbuka dan syukuran kami bertarawih jama’ah dilantai dua disusul dengan zikir serta muhasabah…ah alangkah indahnya kemerdekaan buat bangsa ini, seandainya gw melihat saudara-saudara gw di Palestina, Afganistan, Serbia dan belahan bumi lain gw sedih banget karena negri mereka masih dalam penjajahan, begitu juga saudara-saudara gw yang berada di negri-negri kafir yang meski mereka kelihatannya merdeka namun untuk beribadah mereka masih terjajah.. ya Allah bantu mereka juga untuk merdeka ya Allah dalam arti yang seluas-luasnya merdeka secara fisik dan secara ruhiah. Sekali lagi gw bersyukur karena hidup di negri yang merdeka ini meskipun dalam hal lain gw masih merasa terjajah tau ga kenapa yah gw belum bisa punya pilihan untuk bisa dapat pendapatan lebih, gw masih hidup sendiri, gw belum bisa hidup seperti yang gw pengen hufff….
Lepas dari itu semua gw tetep bersyukur sebab gw masih diberi umur untuk berbuat lebih baik lagi, lagi dan lagi, gw bersyukur masih jadi pengikut Muhammad SAW manusia paling mulia di kolong langit ini, dan gw bersyukur karena masih dikasih waktu utnuk bertaubat dari dosa dosa gw…Alhamdulillah.
Temanz gw mo ngucapin selamat ya buat kalian semua karena kita masih diberi kesempatan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal hal positif….DIRGAHAYU NEGRIKU INDONESIA SEMOGA ENGKAU TETAP MENJADI IBU BAGI KAMI SAMPAI AKHIR WAKTU, INDONESIA JAYA..!!!
Fakta sekitar 17 Agustus 1945
- 17/8/1945 ternyata jatuh pada bulan ramadhan!
- Tanggal 17 dipilih untuk proklamasi oleh pemuda pemuda islam ketika itu adalah agar sesuai dengan jumlah rakaat dalam shalat lima waktu
- 2 hari sebelum proklamasi di Jakarta yang dibacakan Soekarno ternyata proklamasi sudah dikumandangkan di Cirebon pada tanggal 15 agustus 1945 dengan teks yang berbeda yaitu lebih panjang karena terdiri dari 300 kata isinya menyatakan bahwa bangsa indonesia tidak ingin lagi dijadikan barang dagangan oleh bangsa lain.teks ini dibacakan oleh Sutan Syahrir dari kelompok sosialis, sayangnya teks itu sekarang hilang entah kemana.
- Ternyata banyak dari pahlawan nasional Indosesia adalah kaum santri, contohnya : Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, Bung Tomo, HOS Cokroaminoto, Jendral Sudirman, Hj.Rasuna Said, dll.

Tidak ada komentar: