"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan...."

Senin, 15 Agustus 2011

Kontrak Dengan Iblis

Awalnya adalah dua lelaki pemalu Mereka puritan “mengapa mesin pencari meski dijejeli dengan iklan ? “ Tanya dua kandidat doktor dari Standford university Larry Page dan Sergey Bri, Pendiri Google.
Google melahirkan mesin pencari yang berbeda. Saat Google dilahirkan dunia berteriak kaget. Mereka menahan nafas seluruh dunia terguncang takjub akan kecepatan mesin pencari Google hasil pencariannya pun jarang meleset ia pun hadir bersih dari iklan. Siapa sangka Google menyapu semua raja internet kala itu? Pada tahun 1998, orang percaya raja internet adalah yahoo!! Ada juga yang berpikir mahkota raja itu akan jatuh pada raja raja mesin pencari saat itu. Ada Alta Vista, Ask jeeves, HotBot, Excite, Infoseek, dan Nothern Light.
Faktanya mereka semua tenggelam nafsu memburu iklan jangka pendek kalah dengan visi “bersih Iklan” ala Google teknologi pencarian mereka yang kuno, yang disebut MetaCrawler, juga membuat mereka tak bias bersaing hasil pencarian sering salah juga lama. bahkan secuil coklat sudah habis dikunyah tapi kadang hasil pencariannya belum nongol.
Google lahir pada 1998 dan seluruh dunia tercengang. Siapa saat ini yang tidak ter-Google? Mencari berita lewat Google. Bertemu dengan penjual ponsel juga lewat Google mencari peta kondangan lewat Google Map mengintip buku cara memelihara ikan koi juga lewat Google Book Search membikin info grafis kecelakaan pesawat juga dengan Google Earth sok pintar menulis status di Facebook dengan bahasa Cina juga dengan bantuan Google Translate mengenang band Jadul lewat “youtube” milik Google nyaris seluruh denyut kehidupan ini dilayani Google. Walaupun sudah menguasai separuh nafas kehidupan toh Google tetap berlagak santun mereka Cuma memasang Iklan tiga baris bukan iklan banner besar besaran.
“Don’t be evil” begitu pendapat Google jangan serakah jangan mengorbankan kenyamanan demi iklan jangka pendek begitu pesan yang ditanamkan jadi jangan heran walau youtube diakses ratusan juta orang tak banyak iklan di sana
Toh kendati Cuma iklan aris kini banyak orang gusar, Rupert Murdoch konglomerat media contohnya, dia mengancam akan memblokir akses Google ke situs situs berita miliknya. Murdoch menguasai Koran Koran penting di Australia, Inggris dan Amerika Serikat, salah satunya Wall Street journal.
Mengapa Murdoch gusar terhadap iklan baris Google? Google pada tahun 2008 meraup pendapatan USS 21.8 miliar. Sedangkan yang empunya berita-situs Koran- justru megap megap. Nilai saham nya mencapai USS 132 miliar bayangkan, setara degan APBN Indonesia dalam setahun.
Dengan kekayaan itu Google yang puritan super- agresif. Dia seperti vacuum cleaner menyedot apa saja, dengan enteng dia membeli Youtube seharga USS 1,65 milyar mereka juga membeli AdMob biro iklan untuk internet di ponsel.
Dengan ukuran serakasasa itu mereka bias mencaplok apa saja” kata Ivan Seindenberg CEO Verizon.
Saking agresifnya mereka siap melawan Facebook, Twitter, atau kongsi yahoo!-Microsoft entah bercanda atau serius, Sergey Brin Sampai berkata “biskah anda membikinkan saya kontrak,Saya perlu membuat kontrak kerjasama dengan Iblis.
(Burhan Sholihin, Koran Tempo sabtu(12/12/09))

Tidak ada komentar: