"Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan...."

Jumat, 27 Maret 2009

tragedi situ gintung.

Tadi pagi saya liat berita di koran koran dan temans tahu..semua deadline beritanya sama yaitu jebolnya tanggul situ gintung ditangerang dan itu tempatnya ga jauh dari kampus IAIN ciputat...
(foto bawah diambil dari http://www.johannesgo.com)
Subhanallah malang sekali nasib saudara saudara kita disana ya.sampai tulisan ini saya tulis sudah 60 orang yang teridentifikasi dan ratusan lainya masih dalam pencarian.yang lebih mengiris hati adalah bahwa jebolnya tanggul situ gintung disebabkan oleh Human Eror dan bukan bencana alam semata menurut beberapa pendapat ada 4 kesalahan manusia yang mengakibatkan musibah ini
Pertama, tidak ada inspeksi rutin dari pemerintah terhadap tanggul yang sudah uzur tersebut. Jika inspeksi secara rutin dilakukan, idealnya 6 bulan sekali, pemerintah pasti punya data mengenai perkembangan tanggul.
Kedua, pemerintah kurang merawat tanggul yang sudah tua tersebut. Pangkal mulanya adalah inspeksi yang tidak rutin dilaksanakan sehingga pemerintah tidak paham betul bagaimana dan bagian mana yang harus dirawat.
Ketiga, kesalahan pemerintah terletak pada kurangnya peringatan terhadap warga atas potensi jebolnya tanggul. Padahal pemerintah selaku penanggung jawab wajib memberikan peringatan kepada warga.
Keempat, terletak pada pelanggaran tata ruang yang dilakukan pemerintah. Seharusnya lokasi pemukiman warga terdekat letaknya dari bangunan tanggul dan bantaran sungai berjarak 20 meter. Jika dipatuhi, tentu jumlah korban jiwa tidak sebesar sekarang.
demikianlah penyebab bencana tersebut seperti di kutip dari http://www.detiknews.com/.
Semoga Tuhan menerima arwah korban dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran terhadap apa yang menimpa mereka dan semoga pemerintah bisa lebih berhati hati terhadap nasib rakyatnya yang terjadi akibat kelalaian penguasa.

Tidak ada komentar: